Tuesday, March 10, 2015

Joko Tole Part 1

foto Joko tole
Joko Tole
Joko tole adalah seorang Adipati Kadipaten Sumenep yang sangat terkenal. Adipati Joko tole sangat terkenal karena dia adalah seorang yang tulus, setia dan penyanyang. Sampai-sampai Joko Tole menjadi simbol kesetian dan ketulusan. Selain kesetiaan dan ketulusannya, Joko Tole juga terkenal akan kesaktiannya.

Dalam perjalan kehidupannya, Joko Tole pernah mengabdi kepada Raja Majapahit. Raja Mjapahit tertarik dengan kesatiaan Joko Tole karena pernah berhasil membangun kembali gerbang isatana Majapahit. Raja juga sangat terkesan dengan Joko Tole bukan hanya dengan kesaktiannya tetapi juga dengan kesetiaan dan ketulusannya.

Kestiaan Joko Tole terbukti dengan telah diselesaikannya tugas dari raja dengan baik. Tugas yang diberikan raja pun tidak mudah, membutuhkan ketrampilan dan kesaktian, biasanya juga tugas tersebut mempertaruhkan nyawa Joko Tole.

Tugas yang diselesaikan Joko Tole antara lain membasmi bajak laut yang ada di perairan kerajaan Majapahit yang selalu mengganggu rakyat, berperang dengan penjahat ulung yang selalu meresahkan rakyat, serta tugas berat lainnya yaitu menjadi mata-mata kerajaan lain.

Walaupun tugas sangat berat, Joko Tole tidak pernah mengeluh sedikit punatau menolak. Dia selalu menerima tugasnya dengan hati yang ikhlas. Dia berpikir bahwa tugas yang diberikannya merupakan suatu kehormatan karena yang memberi tugas adalah rajanya sendiri.

Karena tugas-tugas inilahmembuat hubungan Joko Tole dengan raja semakin dekat. hal ini menyebabkan munculnya desas-desusyang menyudutkan Joko Tole, terutama para pembesar kerajaan. Mereka iri dengan kedekatan Joko Tole dengan raja. Mereka merasa tersaingi dan berpikir bahwa Joko Tole adalah orang yang menghalangi cita-cita mereka.

Desas-desus tersebut dengan cepat menyebar dikalangan kerajaan maupun dikalangan rakyat biasa. Ada kabar yang mengatakan bahwa Joko Tole mempunyai tujuan tertentu mendekati raja. Joko Tole mengambil kesempatan selama dekat dengan raja untuk mendapatkan harta yang banyak. Ada juga kabar yang lebih tidak mengenakan hati, bahwa Joko Tole mendekati raja karena Ingin mengambil hati putri sang raja.

Tak lama kemudian desas-desus tersebut terdengar oleh sang raja. Raja tidak percaya dengan desas-desus tersebut karena karena raja yakin bahwa Joko Tole adalah seorang yang setia dan tulus, tidak mungkin dia mempunyai niat ataupun pikiran tentang hal itu.

Raja pun bingung karena desas-desus itu tak kunjung berhenti. Suatu malam raja tidak bisa tidur karena memikiran hal itu. Bagaiman caranya untuk membuktikan bahwa Joko Tole memang setia. Atau apakah benar Joko tole mempunyai maksud tertentu dan perlu diuji kesetiaannya.

Akhirnya, setelah berpikir panjang, raja akan menguji kesetian Joko Tole dengan menikahkannya dengan salah satu putrinya. Nama putri itu adalah Dewi Retnadi. Dewi Retnadi mempunyai wajah yang sangat cantik jelita karena memang keturunan bangsawan dan berbudi baik, tetapi dia buta.

“Kalau Joko Tole menolak dinikahkan dengan Dewi Retnadi, maka desas-desus itu memang benar bahwa Joko Tole berharap mendapatkan putri raja yang diinginkannya,” pikir raja.

Keesokan harinya, raja memanggil Joko Tole untuk menghadap. Kemudian raja menyampaikan apa yang telah direncanakan kepada Joko Tole.

“Hambaku, ada sesuatu hal yang ingin aku sampaikan kepadamu. Ini bukan merupakan tugas, melainkan suatu niatanku yang sudah aku pendam sejak lama. Bagaimana kalau aku menikahkanmu dengan putriku Dewi Retnadi,” tanya sang raja.

“Tuanku, apa yang ditugaskan maupun apa yang menjadi keinginan tuanku, hamba akan melaksankannya dengan baik. Si aya akan menerima Dewi Retnadi menjadi istri hamba. Walaupun saya tahu bahwa Dewi Retnadi buta, tapi saya akan tetap mencintai dan menjaganya,” jawab Joko Tole.

Raja terkejut mendengar jawaban seperti itu dari Joko Tole. Raja tidak mengira bahwa Joko Tole yang sakti mandraguna itu mau menerima Dewi Retnadi sebagai istrinya walaupun dalam keadaan buta.

Raja senang karena desas-desus yang semakin menyebar itu tidak benar, raja pun sangat bersyukur karena putrinya Dewi Retnadi yang walapun buta mendapatkan suami yang setia kepadanya. Begitu gembira raja langsung memerintahkan rakyatnya untuk mempersiapkan pesta pernikahan putri Dewi Retnadi dengan Joko Tole.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon